Abstrak Dalam penulisan artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan efektivitas penilain portofolio dalam mengukur kompetensi siswa di MA Baiturrahman Cipanengah, Kota Sukabumi. Hal ini penting untuk diungkap karena penilaian portofolio merupakan salah satu bentuk penilaian autentik yang dapat memberikan gambaran komprehensif tentang capaian kompetensi siswa, meliputi aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan campuran kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Pengumpulan datanya dengan wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Lokasi penelitian di MA Baiturrahman Cipanengah, Kota Sukabumi. Teknik analisis data dilakukan dengan metode deskriptif untuk menggambarkan realitas pelaksanaan penilaian portofolio di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian portofolio di MA Baiturrahman cukup efektif dalam mengukur kompetensi siswa secara menyeluruh, namun masih ditemukan kendala terkait manajemen waktu dan objektivitas penilaian yang perlu ditingkatkan.
Copyrights © 2024