Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui instrumen evaluasi yang dapat mengukur kemampuan siswa dalam menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi informasi yang disajikan dalam teks eksplanasi berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di tingkat SMA pada Kurikulum Merdeka. Penelitian ini terbatas pada analisis instrumen evaluasi untuk materi teks eksplanasi dan tidak mencakup implementasi langsung di lapangan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Langkah-langkah analisis penelitian meliputi 1) Identifikasi standar kompetensi terkait teks eksplanasi pada Kurikulum Merdeka. 2) Penentuan taksonomi Bloom untuk tingkat HOTS yang sesuai dengan materi teks eksplanasi. 3) Pengembangan indikator soal yang mencakup kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan membuat kesimpulan dari teks eksplanasi. 4) Penyusunan soal berdasarkan taksonomi Bloom dan indikator yang telah dikembangkan. Data yang dikaji mencakup proses analisis soal, termasuk identifikasi standar kompetensi, dan pembuatan indikator soal. Hasil temuan dari penelitian ini adalah bank soal materi teks eksplanasi berbasis HOTS terdiri dari 20 soal dan diharapkan guru dapat lebih mudah mengukur dan mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam memahami teks eksplanasi, sesuai dengan tuntutan kurikulum yang lebih menekankan pada aspek HOTS.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024