Kedai warung jambu merupakan salah satu kedai yang cukup lengkap, dimana selaian menjual cemilan juga menjual produk lainnya khususnya makanan dan minuman . Namun terdapat permasalahan yakni proses penjualan yang terjadi selama ini masih belum efektif. Dalam artian bahwa masih terjadi barang yang kurang laku dijual, sehingga menyebabkan kerugian secara finansial bagi kedai tersebut. Selain itu mengalami kerugian seperti kehilangan pelanggan, karena apabila ada konsumen yang membutuhkan salah satu menu yang ada di kedai, namun ternyata stoknya habis tanpa pemilik kedai ketahui maka pelanggan itu akan beralih ke kedai lain. Dalam rangka menghadapi persaingan bisnis yang dapat meningkatkan dan penjualan menu tersebut, salah satunya adalah dengan pemanfaatan data penjualan produk. Tujuan penelitrian ini dibuat yaitu untuk menentukan paket yang sebelumnya tidak laku menjadi laku karna di buat sebuah paket agar menu yang jarang di pesan bisa menjadi sebuah daya tarik bagi konsumen. Dalam penelitian ini akan dibuat suatu analisis data penjualan untuk mengetahui mengetahui barang apa saja yang sering dibeli oleh konsumen yang dapat membantu dalam melihat pola pembelian konsumen dengan menggunakan metodologi Knowledge Discovery in Database (KDD) dan juga menggunakan algoritma Apriori. Pada penelitian ini menggunakan 4 itemset dengan minimum support 60% dan minimum confidence 90%. Untuk hasil yang diperoleh adalah asosiasi antar produk atau keterhubungan barang, yang mana pada penelitian ini nilai confidence yang didapatkan sebesar 98,182% yang merupakan nilai confidence terbaik yang terdapat pada 3 itemset.
Copyrights © 2023