JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
Vol. 7 No. 4 (2023): JATI Vol. 7 No. 4

PERANCANGAN GAME 3D MAGGIE’S ODYSSEY DENGAN METODE PATHFINDING

Zufar Ardana, Fadel (Unknown)
Fahrudi Setiawan, Ahmad (Unknown)
Santi Wahyuni, Febriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Industri game semakin berkembang pesat dan semakin banyak peminatnya. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya game yang bermunculan dengan berbagai genre dan platform yang berbeda. Salah satu genre game yang populer adalah game petualangan (adventure), yang biasanya memiliki alur cerita yang menarik dan banyak tantangan yang harus dihadapi oleh pemain. Dalam penelitian ini, akan dirancang game petualangan 3D yang menarik dan menantang dengan memiliki alur cerita yang menarik dan tantangan yang berbeda pada setiap levelnya. Berbicara tentang pengembangan game 3D, salah satu aspek penting adalah kemampuan AI dalam menavigasi lingkungan game dengan cerdas dan efisien. Metode pathfinding merupakan salah satu teknik dalam pengembangan game yang digunakan untuk mencari jalur terbaik antara dua titik pada peta game. Game yang akan dirancang adalah game 3D berjudul “Maggie's Odyssey” dengan metode pathfinding sebagai fokus utama pengembangan. Dari simulasi pengujian pathfinding menunjukkan berhasil dengan rumus perhitungan dan sistem dapat menemukan jalur terbaik dengan memilih nilai f(n) terkecil dari beberapa iterasi yang telah dilakukan sistem dengan hasil rute yang ditempuh. Hasil pengujian user didapat 24.2% menyatakan Sangat Baik, 46.7% menyatakan Baik, 22.5% menyatakan Cukup, 4.2% menyatakan Buruk dan 0.8% menyatakan Sangat Buruk.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Adalah jurnal mahasiswa yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika ke khalayak luas, diterbitkan secara berkala 6 kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, ...