Penelitian ini dilatar belakangi pada permasalahan yang penulis ditemukan setelah malakukan wawancara. Dari hasil wawancara tersebut penulis menyimpulkan masalah yang didapat yaitu dalam penyampaian pembelajaran pendidik cenderung menggunakan metode ceramah dan hanya terfokus kepada buku cetak. Dengan adanya permasalahan tersebut maka penulis merancang video animasi pada mata pelajaran IPA sekolah dasar menggunakan aplikasi Animeker dan diharapkan video animasi yang dihasilkan dapat digunakan dengan valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Pengembangan media dengan model 4D terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Pada media yang dihasilkan dilakukan uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektivitas produk menggunakan angket untuk menilai produk yang ditujukan kepada ahli media, guru dan peserta didik. Hasil dari penelitian ini berupa video animasi yang bisa diakses melalui alamat link yang dapat digunakan oleh guru dan perseta didik. Hasil dari prioduk yang penulis lakukan memperoleh uji validitas dari 4 orang expert diperoleh nilai 0,84 dengan kategori valid, uji praktikalitas dari 6 orang praktikalas diperoleh hasil 0,89 dengan kategori sangat tinggi, dan uji efektivitas dari 16 peserta didik diperoleh nilai 0,95 dengan kategori efektivitas tinggi.
Copyrights © 2023