JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
Vol. 8 No. 4 (2024): JATI Vol. 8 No. 4

PENGEMBANGAN GAME ADVENTURE NUSANTARA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA: STUDI KASUS SMPN 1 TELAGASARI

Wildan Bahari, Bayu (Unknown)
Suharso, Aries (Unknown)
Garno, Garno (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Minat membaca merupakan sesuatu yang wajib dimiliki seseorang. Menurut kuisioner yang dilakukan di 1 kelas SMPN 1 Telagasari menyimpulkan 84% siswa suka membaca namun bacaan tersebut bersifat fiksi sebesar 65% dan intesitas dalam membaca perbulan termasuk jarang sebesar 53%. Siswa juga memiliki minat tinggi terhadap permainan yaitu 93% dan mengatakan tertarik jika adanya sebuah game edukasi dengan besar 78%. Melihat hasil dari kuisioner ini dibuatkan sebuah game edukasi untuk meningkatkan minat baca siswa. Metodologi yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dan pendekatannya Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam fase yaitu Konsep, Desain, Pengumpulan Material, Pengembangan, Pengetesan, Distribusi. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa game edukasi Nusantara Adventure memiliki dampak positif terhadap perkembangan siswa dalam mempelajari kebudayaan Indonesia juga meningkatkan minat membaca. Menurut hasil uji T juga memperlihatkan data yang signifikan mengenai hasil kuis siswa sebelum diberikan perlakuan dan sesudah perlakuan dengan nilai rata-rata pre-test 68.68 dan post-test 95. Dengan peningkatan sekitar 26.32 memberikan kesimpulan bahwa game Nusantara Adventure terbukti membantu perkembangan siswa. Pada Penelitian ini menunjukan keberhasilan dalam pembuatan game Nusantara Adventure sebagai game edukasi yang dapat memberikan ilmu dan kesenangan untuk pemainnya, dengan memanfaatkan Unity. Pengembang berhasil membuat game dalam bentuk mobile yang dapat dimainkan pada Android.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Adalah jurnal mahasiswa yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika ke khalayak luas, diterbitkan secara berkala 6 kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, ...