Persaingan yang semakin sengit menjadikan kualitas pendidikan sebagai faktor utama dalam memyiapkan generasi muda untuk menghadapi rintangan masa depan, dengan peran guru di SMK menjadi sangat penting. Namun, evaluasi kinerja guru di SMK Widyagama Malang masih menghadapi tantangan, terutama dalam metode manual yang memakan waktu dan tenaga, serta evaluasi yang tidak melibatkan perspektif siswa. Untuk meningkatkan efektivitas evaluasi kinerja guru, penelitian ini mengusulkan pendekatan Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP), yang memungkinkan integrasi berbagai kriteria secara fleksibel dan mempertimbangkan ketidakpastian dalam pengambilan keputusan. Data dari 316 responden yang terdiri dari 12 kriteria, 15 guru, dan 21 siswa dikumpulkan dan dianalisis, menghasilkan pengelompokan kriteria menjadi Pedagogik, Kepribadian, Sosial, dan Profesional. Pengujian menunjukkan bahwa sistem dapat berjalan di berbagai web browser dengan fitur dan penanganan error yang baik. Hasil perankingan metode FAHP secara manual dan sistem menunjukkan urutan yang sama, mengindikasikan bahwa metode ini efisien dan akurat dalam mengevaluasi kinerja guru.
Copyrights © 2024