Kegiatan Market Day di SDN Pertapanmaduretno bertujuan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha dikalangan siswa. Siswa terlibat dalam kegiatan ini seperti dalam proses pembuatan barang, promosi, serta penjualan produk yg telah mereka buat. Untuk menggambarkan fenomena yang diteliti, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Target penelitian adalah siswa kelas 4 dan 5 SDN Pertapanmaduretno. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditunjukkan bahwa kegiatan Market Day dapat menumbuhkan jiwa wirausaha siswa yang mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini terlihat dari peningkatan minat siswa dalam berwirausaha, peningkatan karakter peserta didik misalnya berani menghadapi tantangan usaha, percaya diri, bertanggung jawab, serta peningkatan pada sistem pengelolaan keuangan siswa. Beberapa hal tersebut mungkin terjadi dikarenakan kegiatan Market Day yang melibatkan keseluruhan siswa untuk berpatisipasi didalamnya, sehingga terjadi interaksi yang mampu melatih mental mereka. Diharapkan bahwa implementasi nilai-nilai entrepreneur melalui kegiatan Market Day dapat membentuk siswa menjadi bibit unggul pengusaha dimasa yang akan datang sehingga mampu membuka lapangan pekerjaan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024