Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh harga, kepercayaan, dan kualitas produk terhadap perilaku pembelian pelanggan pada toko online TikTok Shop di Indonesia. Dengan pesatnya kemajuan teknologi, toko online seperti TikTok Shop menjadi semakin populer, terutama di kalangan remaja. TikTok Shop menggunakan konsep sosial marketplace yang unik untuk menghubungkan pembeli dan penjual melalui konten dan interaksi. Selain itu, mereka menawarkan berbagai promosi yang menarik. Penelitian ini dilakukan melalui survei kuantitatif yang dirancang dengan desain eksplanasi asosiatif kausal. Variabel yang mencakup harga, kepercayaan, kualitas produk, dan keputusan pembelian termasuk dalam kuesioner yang diukur menggunakan Skala Likert. Uji validitas, reliabilitas, dan analisis jalur data dilakukan dengan SPSS. Temuan penelitian menunjukkan bahwa faktor kualitas produk, kepercayaan, dan harga secara kolektif memberikan dampak yang menguntungkan terhadap keputusan pembelian konsumen. Variabel harga mempunyai pengaruh yang cukup besar yang ditunjukkan dengan nilai t-value sebesar 6,351. Demikian pula kepercayaan memiliki pengaruh yang besar dengan nilai t sebesar 2,791, dan kualitas produk memiliki pengaruh yang signifikan dengan nilai t sebesar 3,190. Nilai R Square sebesar 0,612 menandakan bahwa 61,2% variabilitas faktor pilihan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel harga, kepercayaan, dan kualitas produk. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa keputusan pembelian pelanggan di toko TikTok dipengaruhi oleh tiga faktor utama: harga yang murah, kualitas produk yang baik, dan kepercayaan pelanggan yang besar. TikTok Shop harus terus meningkatkan strategi harganya, mempertahankan kualitas produknya, dan menumbuhkan kepercayaan pelanggan untuk membuat pelanggan lebih yakin untuk melakukan pembelian.
Copyrights © 2024