Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi atau hubungan kecanduan media sosial dan manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas XI Pada Mata Pelajaran Informatika di SMK Negeri 7 Padang Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian adalah korelasional dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 7 Padang pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proposional Random Sampling dengan jumlah sampel 126 siswa. Instrumen pada penelitian ini adalah angket, teknik analisis data dengan meggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui hasil uji signifikan untuk variabel kecanduan media sosia (X1) dengan prokrastinasi akademik siswa (Y) diperoleh hasil thitung= 4,031 sedangkan ttabel =1,980 (thitung > ttabel), dan hasil uji signifikan variabel manajemen waktu (X2) dengan prokrstinasi akademik (Y) adalah thitung = 2,632 dengan ttabel = 1,980, (thitung > ttabel) . Melalui nilai Fhitung pada penelitian ini yaitu 20.643 dengan Ftabel 3,07 variabel kecanduan media sosial (X1) dan variabel manajemen waktu (X2) memiliki korelasi yang signifikan terhadap variabel prokratinasi akademik (Y). Berdasarkan penelitian ini diketahui korelasi Kecanduan Media Sosial (X1) dan Manajemen Waktu (X2) terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa (Y) kelas XI Pada Mata Pelajaran Informatika di SMK Negeri 7 Padang Tahun Ajaran 2023/2024 sebesar 23,9%. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ketiga hipotesis diterima, karena terdapat korelasi yang signifikan antara kecanduan media sosial dan manajemen waktu secara bersama-sama terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas XI Pada Mata Pelajaran Informatika di SMK Negeri 7 Padang Tahun Ajaran 2023/2024.
Copyrights © 2024