Jurnal Pengabdian Sosial
Vol. 1 No. 9 (2024): Juli

Pelatihan Penggunaan Komunikasi Efektif Guna Meningkatkan Kepuasan Pelanggan (Pengembangan Jiwa Wirausaha Siswa SMK N I Sambi)

Saudah, Siti (Unknown)
Putranti, Bernadetta Eko (Unknown)
Ambawani, Suprih (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2024

Abstract

Keterampilan komunikasi efektif sangat penting bagi siswa sebagai bagian dari soft skill dalam berwirausaha, terutama untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Pelaku usaha atau praktisi di bidangnya dapat memberikan edukasi tentang penggunaan komunikasi efektif melalui pelatihan, sehingga mereka dapat memberikan kepuasan baik bagi pelanggan maupun dalam pemasaran. PkM ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dalam berkomunikasi secara efektif. Metode yang digunakan: 1. Pemberian pre-test sebelum PkM untuk mengetahui pemahaman peserta tentang komunikasi efektif, 2. Pelaksanaan pelatihan dan pendampingan. 3. Pemberian Post-test pasca PkM untuk mengetahui pemahaman peserta setelah dilakukan pendampingan tentang cara berkomunikasi yang efektif. Hasil PkM menunjukkan bahwa setelah dilakukan pendampingan peserta mampu berkomunikasi dengan efektif dalam memberikan informasi dan berinteraksi kepada pelanggan, yang sebelumnya dilakukan secara apa adanya karena belum mengetahui teknik komunikasi efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Sosial published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, Economics, ...