Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 1 (2024): JURNAL DIDIKA : WAHANA ILMIAH PENDIDIKAN DASAR

Pengaruh Model Picture And Picture Berbantuan Media Material Picture Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas II SD Negeri Lemahireng 01

Fitriani, Ayu (Unknown)
Putra, Lisa Virdinarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Picture And Picture Berbantuan Media Material Picture Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Metode penelitian menggunakan eksperimen kuantitatif dengan desain Quasi Experimental (Non Equivalent Control Group Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri LemahIreng 01. Sampel penelitian adalah kelas IIA sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas IIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes melalui pretest dan posttest serta teknik non tes meliputi observasi, dokumentasi, wawancara tak berstruktur, dan angket. Analisis data dilakukan             menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan dalam penggunaan model pembelajaran Picture and Picture berbantuan media material picture terhadap pemahaman konsep antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dibuktikan dengan hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran  Picture and Picture berbantuan media material picture terhadap pemahaman konsep siswa, dengan hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa  penggunaan model pembelajaran Picture and Picture berbantuan media material picture terhadap pemahaman konsep siswa.

Copyrights © 2024