Kota Palu, sebagai ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah, memerlukan peningkatan fasilitas pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi berbasis Android guna meningkatkan sistem pelaporan masalah fasilitas pelayanan publik menggunakan metode Waterfall. Aplikasi ini dirancang untuk mengatasi keterbatasan solusi berbasis web sebelumnya dengan mengintegrasikan fitur-fitur seperti validasi data, pengiriman laporan secara offline dengan sinkronisasi otomatis saat koneksi internet tersedia, pelacakan status laporan secara real-time, integrasi GPS untuk pelaporan lokasi yang akurat, dan push notification untuk pembaruan status pelaporan real-time. Pengujian whitebox telah dilakukan untuk memastikan rancangan aplikasi berfungsi sebagaimana mestinya, termasuk pendaftaran, pengiriman laporan, validasi data, dan integrasi GPS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi yang dirancang berfungsi dengan sangat baik dan dapat digunakan untuk memfasilitasi masyarakat dalam melaporkan keluhan mereka. Dengan hasil penelitian ini, diharapkan partisipasi masyarakat dalam memantau fasilitas publik meningkat dan komunikasi antara masyarakat dan pemerintah menjadi lebih baik, sehingga kualitas pelayanan publik di Kota Palu dapat terus meningkat.
Copyrights © 2024