Membaca bukanlah kegiatan yang mudah, karena siswa harus menangkap informasi dari teks dan memahaminya. Agar dapat memahami teks, diperlukan strategi membaca yang efektif. Jika siswa melakukannya, mereka dapat dengan mudah memahami teks. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui efektivitas penggunaan teknik jigsaw untuk memahami pemahaman bacaan. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk desain eksperimen. Dalam memberikan tes, peneliti menggunakan berbagai jenis pertanyaan. Subjek penelitian ini adalah kelas satu SMA Plus Sumenep, dan terdiri dari 20 siswa. Hanya ada satu kelompok dalam penelitian ini yang mendapat dua tes yang berbeda. Peneliti membagi jadwal untuk penelitian. Pada pertemuan pertama peneliti memberikan pre-test. Pertemuan kedua dan ketiga, peneliti memberikan perlakuan kepada siswa dengan menggunakan teknik Jigsaw. Post-test diberikan pada pertemuan terakhir untuk mengetahui hasil perlakuan yang diberikan oleh peneliti pada pertemuan kedua dan ketiga. Tes tersebut berbentuk pilihan ganda. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji-t dependen. Nilai t-observed adalah 4,26, dan nilai kritis âtâ dengan derajat kebebasan uji dua sisi atau non-directional adalah 2,09. Dari analisis data, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada skor siswa pada tes awal dan tes akhir. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi jigsaw lebih efektif dalam pemahaman membaca di kelas X di SMA Plus Sumenep. Diharapkan penelitian ini dapat membantu guru untuk menerapkan teknik jigsaw dan mengembangkan strategi alternatif lain agar proses belajar mengajar Bahasa Inggris menyenangkan dan efektif. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan agar penggunaan teknik jigsaw dalam pengajaran perlu dieksplorasi lebih lanjut pada keterampilan yang berbeda.
Copyrights © 2022