Jurnal Kolaboratif Sains
Vol. 7 No. 8: Agustus 2024

Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik : Utilization of Information Technology-Based Learning Media to Increase Students' Interest in Learning

Mansur (Unknown)
Ferry Fayuhi (Unknown)
Normawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2024

Abstract

Pada abad ke 20 sekarang ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat berpengaruh kedalam dunia pendidikan. Pendidikan di zaman modern saat ini, guru dituntut untuk dapat mengembangkan keterampilan dalam membuat media pembelajaran yang digunakan guna untuk meningkatkan kecerdasan berpikir peserta didik, apabila media tersebut belum tersedia, maka guru harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang pelajaran yang akan diajarkan. Sebuah lembaga Pendidikan atau Madrasah merasa sangat berhasil apabila dalam proses pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan akan tetapi sebaliknya sebuah Lembaga Pendidikan merasa sedih dan menurun apabila dalam peroses pembelajaran tidak sesuai dengan yang diharapkan, misalnya guru tidak menguasai kelas seperti peserta didik tidak memperhatikan materi yang disampaikan, mengantuk, keluar masuk kelas dan bahkan sibuk berbicara dengan temannya sendiri. Minat belajar peserta didik terkadang mengalami pasang surut dalam proses pembelajaran. Ada kalanya semangat itu datang dengan penuh antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Tanpa dimintapun mereka selalu bertanya, akan tetapi, tak jarang juga peserta didik mengalami kehilangan semangat belajarnya. Hari-hari di sekolah / Madrasah hanya dilewati dengan bermain, tertidur dan bahkan ada yang tidak mau masuk dalam proses pembelajara. Agar tidak terjadi seperti itu, maka semua komponen dalam pembelajaran dioptimalkan khususnya dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi yang sangat diharapkan agar dapat menimbulkan minat peserta didik dalam belajar. Pembelajaran yang optimal harus melibatkan beberapa komponen-komponen antara lain, guru, tujuan, materi pelajaran, media, sistem pengajaran, sumber belajar (internet), manajemen intraktif, dan evaluasi peserta didik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JKS

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Other

Description

Jurnal Kolaboratif Sains merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Palu. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dalam bentuk Hasil Penelitian, Laporan Penelitian, Literatur Review. Semua manuskrip yang dikirimkan adalah peer review oleh para ahli di bidang yang relevan. Tujuan dan ...