Masalah yang hendak dikaji dari penelitian ini yaitu penerapan metode explicit instruction di SD Inpres Baina’a untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam rangka mengembangkan kognisi, afeksi, dan sekaligus psikomotorik dalam tinjauan pendidikan Islam. Subyek penelitian adalah semua guru SD Inpres di Kecamatan Tinombo Kabupaten Parigi Moutong khususnya sampel yang dijadikan objek penelitian adalah SD Inpres 2 Baina’a. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk penerapan metode pembelajaran explicit instruction guru pendidikan Islam yang dilaksanakan. Di samping itu juga faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penerapan metode explicit instruction guru pendidikan agama islam di SD Inpres Baina’a yang berada dilokasi penelitian. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu metode analisanya yakni datanya diteliti dengan analisa kualitatif deskriptif untuk menghasilkan data secara mendalam yang terkait dengan penerapan metode explicit instruction di SD Inpres Baina’a untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Tehnik pengumpulan data penelitian melalui tes, wawancara dan observasi serta penelusuran dokumen yang berkaitan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Berdasarkan hasil peneltian ditemukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam rangka membentuk kognisi, afeksi, dan sekaligus psikomotorik
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024