Pembelajaran Matematika adalah salah satu mata Pelajaran yang paling tidak disukai oleh peserta didik karena dianggap paling rumit dan membosankan. Oleh karena itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantu Media Canva Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen, dengan bentuk desain one-group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SDN Mlatiharjo 02 Semarang. Sampel penelitian meliputi peserta didik yang terdiri dari 26 anak. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian berupa lembar observasi dan tes. Tes dalam bentuk lembar kerja peserta didik yang terdiri atas 15 butir soal. Teknik analisa data menggunakan uji normalitas, dan uji hipotesis menggunakan paired simple test. Hasil pengujian normalitas kelas eksperimen pretest.Signifikasi nilai pretest Sig (0,067) > 0,05, Sedangkan signifikansi nilai postest nilai signifikasi (0,146) > 0,05 Dari pengujian normalitas tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai pretest dan postest memiliki sebaran data berdistribusi normal, maka ada peningkatan hasil belajar peserta didik. Jadi, hasil pengujian hipotesis adalah signifikan, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dari hasil uji data tersebut dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran PBL Berbantu Media Canva berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024