Kementerian XYZ menginisiasi pengembangan Sistem Komunikasi dan Informasi Ekstranet (SKIE). Tujuan utama aplikasi adalah untuk memfasilitasi komunikasi yang efisien, terkoordinasi dan kerahasiaan terutama terkait dengan diseminasi berita atau memo resmi antara lembaga pemerintah atau kementerian terkait. Studi ini, mengidentifikasi variabel yang memerlukan peningkatan kualitas penyediaan layanan. Kementerian XYZ perlu melakukan studi dari tingkat kepuasan pengguna aplikasi. Evaluasi sistem layanan e-government berdasarkan perspektif kepuasan pengguna dengan mengintegrasikan dua model evaluasi, COBRAS dan e-Govsqual. Data kuesioner disebar kepada pengguna aplikasi, yang mencakup beberapa sampel lembaga yang relevan. Didapat 76 responden (51,7 %) dari total pengguna mengisi kuesioner tersebut. Hasil analisis jawaban kuesioner berdasarkan skala linkert (1-5) dan uji statistik (reabilitas, validitas, mean dan std.dev) menggunakan tools SPSS. Hasil analisis, menujukkan 5 varibel yakni varibel demografi (asal institusi, jenis kelamin, lama akses, jabatan dan pendidikan), varibel biaya (13 indikator), variabel peluang (13 indikator), varibel keuntungan (18 indikator) dan varibel risiko (3 indikator) untuk peningkatan kualitas layanan eGov di Kementrian XYZ.Kata Kunci: E-government, E-GOVSQUAL, COBRAS, Kementerian XYZ
Copyrights © 2024