Al Iidara Balad : Jurnal Administrasi Negara
Vol. 6 No. 1 (2024): Al Iidara Balad

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN UMUM DAERAH DAHA SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN

Riduan, Riduan (Unknown)
Affrian, Reno (Unknown)
Berkatillah, Akhmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2024

Abstract

Kualitas Pelayanan merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi Kepuasan Pengunjung, sehingga dilakukan penelitian pada Perpustakaan Umum Daerah Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung di Perpustakaan Umum Daerah Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Beberapa masalah ditemukan seperti kurangnya tenaga kerja, minimnya pembaruan buku, dan ketidaksesuaian peletakan buku dengan kode tata letak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi, studi pustaka dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengunjung. Hal ini dibuktikan dengan nilai uji regresi linier sederhana sebesar 0,000 (lebih kecil dari 0,05) dan hasil uji t menunjukkan t_hitung sebesar 15,683 (lebih besar dari t_tabel sebesar 1,660). Selain itu, hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan nilai sebesar 72%, yang berarti Kualitas Pelayanan mempengaruhi Kepuasan Pengunjung sebesar 72%, sedangkan sisanya 28% dipengaruhi oleh variabel lain. Saran bagi perpustakaan adalah untuk menambah jumlah petugas, memperbarui koleksi buku, dan memastikan peletakan buku sesuai dengan kode tata letak. Pengunjung juga diharapkan memanfaatkan fasilitas yang tersedia dengan baik untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan di perpustakaan tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aliidarabalad

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Governance, Leadership, Public organizations, Public policy, Public service, Management, Law ethics, Bureaucratic administration and government. Human ...