Pendidikan kejuruan di Indonesia khususnya sekolah menengah kejuruan (SMK) mempunyai peranan penting dalam mempersiapkan generasi muda memasuki dunia kerja. Salah satu jurusan yang sedang berkembang adalah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Meskipun menekankan pada pemrograman web, SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta masih memerlukan peningkatan keterampilan manajemen basis data. Tim pengabdian melakukan observasi dan mengidentifikasi kebutuhan peningkatan pengetahuan tersebut. Metode yang digunakan antara lain pembuatan modul ajar sesuaiĀ SKKNI nomor 268 tahun 2020 dan pelatihan bagi siswa didampingi oleh guru. Modul ini mencakup topik-topik penting seperti monitoring, kualitas data, dan keamanan database. Pelatihan dilakukan dengan pre-test dan post-test untuk mengukur keefektifan dan ditemukan bahwa pemahaman siswa meningkat secara signifikan. Hasil evaluasi dengan menggunakan paired t-test menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test, menunjukkan keberhasilan pelatihan. Kegiatan ini berhasil meningkatkan keterampilan manajemen basis data bagi siswa, meskipun masih membutuhkan pendampingan pada beberapa bagian. Kegiatan ini dapat dikembangkan lebih lanjut seperti simulasi uji kompetensi atau sertifikasi profesi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Hasil ini penting untuk memastikan lulusan sekolah kejuruan siap bersaing di industri teknologi.
Copyrights © 2024