This study aims to determine the determinants that affect product purchasing decisions online. This research was conducted by looking at the development of the increasingly advanced digital marketing world. The novelty used in this study is to use the independent variables of the Facebook marketplace feature and communication to customers as determinants in online purchasing decisions. The independent variables used in this study are the Facebook marketplace feature, communication to customers and promotions. In this study using the OLS (Ordinary Least Square) analysis method using the Eviews application. This study uses data collection techniques by distributing questionnaires. The sample of this study consisted of 100 Facebook users in the Mataram area, West Nusa Tenggara. The results of this study indicate that the use of marketplace features, communication to customers and promotions have a significant influence on people's decisions to purchase products online.ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinan yang mempengaruhi keputusan pembelian produk secara online. Penelitian ini dilakukan dengan melihat perkembangan dunia pemasaran digital yang semakin maju. Kebaruan yang dipakai dalam penelitian ini adalah menggunakan variabel independen fitur marketplace facebook dan komunikasi kepada pelanggan sebagai determinan dalam keputusan pembelian secara online. Adapun variabel bebas yang digunakan pada penelitian ini adalah fitur marketplace facebook, komunikasi kepada pelanggan dan promosi. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis OLS (Ordinary Least Square) dengan menggunakan aplikasi Eviews. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Sampel penelitian ini terdiri dari 100 orang pengguna facebook di wilayah Mataram, Nusa Tenggara Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan fitur marketplace, komunikasi kepada pelanggan dan promosi memiliki pengaruh yang signifikan dalam keputusan masyarakat dalam melakukan pembelian produk secara online.
Copyrights © 2024