Jurnal of Education Partner
Vol. 3 No. 1 (2024): On Proses. MEMACU PRESTASI PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DENGAN MEMAKSIMALKAN P

EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI SCAFFOLDING BERBANTUAN MEDIA KOMIK FISIKA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA SMA

Indahnia Kamariyah, El (Unknown)
Jufri Andi, Herman (Unknown)
Umamah, Chairatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pada penggunaan model problem based learning disertai scaffolding berbantuan media komik fisika terhadap penguasaan konsep fisika siswa SMA. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental dengan desain Pretest-Postest Control Grup Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa masing-masing 20 orang di MA Al-Islamiyah 1 Sumber Batu Pamekasan. Dari perolehan nilai pretest dan posttest dilakukan uji prasyarat, analisis uji hipotesis perhitungannya menggunakan SPSS versi 24.0. Dari hasil uji hipotesis penguasaan konsep siswa diketahui signifikansi 0,005 dengan taraf signifikansi 0,05 hipotesis dalam penelitian ini diterima. Adapun hasil uji N-Gain menunjukkan nilai pada kelas eksperimen yaitu 0,7149 dengan kategori tinggi. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan model Problem Based Learning Disertai Scaffolding Berbantuan Media Komik Fisika Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Fisika SMA lebih efektif dengan nilai effect size sebesar 0,950 dengan kategori tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

The journal of education partner published an article on the theme of education, using the language of Indonesia or the United Kingdom that includes the study of literature, conceptual thinking and research results in the field of education. These journals give priority to studies related to Islamic ...