Madani: Multidisciplinary Scientific Journal
Vol 2, No 3 (2024): Madani, Vol. 2, No. 3 2024

Strategi Pembelajaran Eksperimen

Ulfa, Aina Mardhiyah (Unknown)
Rama, Bahaking (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2024

Abstract

Strategi eksperimen merupakan cara yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir serta dapat mengasah kreativitas peserta didik melalui pengamatan suatu objek dengan menganalisis dan membuktikan sendiri percobaan yang telah dilakukan untuk mencari tahu kebenarannya. Tulisan ini memuat tinjauan terhadap literatur yang membahas secara konkret terkait strategi pembelajaran eksperimen beserta langkah-langkah dan kelebihan dalam penerapannya. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode library research atau studi kepustakaan, merujuk pada ragam tulisan atau kajian terdahulu mengenai strategi pembelajaran eksperimen, dengan buku dan artikel ilmiah sebagai sumber rujukan utama. Pendekatan yang digunakan adalah pedekatan historis dengan mendeskripsikan strategi pembelajaran eksperimen dari berbagai perspektif. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini ialah bahwa pembelajaran eksperimen merupakan rangkaian dari teori konstruktivisme yang menekankan pada pembelajaran aktif serta partisipatif dari peserta didik sehingga mereka mendapatkan pengalaman baru dengan cara melakukan suatu percobaan dan mengamati prosesnya, adapun dampak positif dari pembelajaran eksperimen ini adalah (1) dapat memperdalam pemahaman teori dengan praktek yang sedang dilakukan, (2) dapat meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa terhadap tantangan baru yang dilakukan, sedangkan dampak negatif dari penggunaan strategi ini adalah (1) tidak semua sekolah menyediakan fasilitas, peralatan, dan bahan dalam menunjang pelaksanaan strategi ini, (2) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi ini memerlukan waktu yang lama sehingga menyiapkan waktu yang banyak untuk menerapkannya.

Copyrights © 2024