Madani: Multidisciplinary Scientific Journal
Vol 2, No 7 (2024): Madani, Vol 2. No. 7, 2024

Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Manajemen Waktu Pada Siswa SMAN X Tambun Selatan

F, Faradilla (Unknown)
Abdillah, Rijal (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2024

Abstract

Diera saat teknologi berkembang pesat, siswa dituntut untuk mengimbangi kemajuan teknologi dengan sekolah. Salah satu kelemahan siswa yang sering kali dijumpai adalah kurangnya keterampilan manajemen waktu. Kurangnya pemahaman mengenai manajemen waktu dapat menjadi suatu halangan bagi siswa untuk memanfaatkan waktunya secara efisien. Tiap siswa memiliki preferensi waktu belajar yang berbeda, dipengaruhi oleh kesibukan, alokasi waktu, kondisi lingkungan belajar, dan kesiapan pribadi. Apabila siswa tidak didukung oleh keterampilan manajemen waktu yang baik, maka siswa perlahan-lahan siswa akan kehilangan dorongan semnagat untuk belajar. Dalam hal ini selain manajemen waktu, motivasi belajar menjadi salah satu yang memiliki peranan krusial dalam penentu keberhasilan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan Populasi dalam penelitian ini berjumlah 157 siswa, meliputi kelas 10 A,B,C,D,E,dan F. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Probability Sampling dan menggunakan teknik sampling Random Sampling yaitu, Proportionate Stratified. Berdasarkan uji regresi linear Y = 10.620 + 0.700X, yang dapat diartikan bahwa setiap peningkatan 1% dari manajemen waktu akan mengakibatkan peningkatan motivasi belajar sebesar +0.700. Oleh karena itu koefisien bernilai positif, yang menunjukan bahwa terdapat hubungan dua arah antara variabel manajemen waktu dengan motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2024