Istilah belajar dan pembelajaran adalah suatu istilah yang memiliki keterkaitan yang sangat erat dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain dalam proses pendidikan. Pembelajaran sesungguhnnya adalah kegiatan yang dilakukan untuk membangun suasana atau memberikan pelayanan agar peserta didik semangat belajar. Oleh karena itu harus dimengerti bagaimana peserta didik mendapat pengetahuan dari kegiatan belajarnya. Jika guru mampu memahami proses pemerolehan pengetahuan, maka guru juga akan mampu menentukan strategi pembelajaran yang tepat untuk di terapkan bagi peserta didiknya. Tujuan dari pembelajaran berbasis kompetensi menekankan pembelajaran ke arah penciptaan dan peningkatan serangkaian kemampuan dan potensi peserta didik agar bisa mengantisipasi tantangan aneka kehidupan. Hal ini berarti apabila selama ini pembelajaran lebih berorientasi pada aspek pengetahuan dan target materi yang cenderung verbalistis dan kurang memiliki daya terap, maka di dalam pembelajaran berbasis kompetensi pembelajaran lebih ditekankan pada aspek pengetahuan dan target keterampilan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Pembelajaran berbasis kompetensi didasarkan atas pokok-pokok pikiran bahwa apa yang ingin dicapai oleh peserta didik melalui kegiatan pembelajaran harus direncanakan dengan jelas. Salah satu strategi yang memenuhi prinsip pembelajaran berbasis kompetensi adalah pembelajaran kontekstual dengan pendekatan konstruktivisme. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dapat disajikan dalam berbagai model pembelajaran, yaitu: Individual Learning, Mastery Learning, Student Active Learning.
Copyrights © 2024