INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Vol 7 No 3 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science

ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN ONLINE KEPENDUDUKAN MELALUI APLIKASI EDUKCAPIL MENGGUNAKAN METODE CRM

Rismoko, Rismoko (Unknown)
Hilabi, Shofa Shofia (Unknown)
Huda, Baenil (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Tujuan analisis kepuasan masyarakat adalah untuk mengukur sejauh mana kualitas layanan kependudukan online dapat memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat. Hal ini termasuk mengevaluasi daya tanggap, kecepatan, dan kejelasan informasi yang diberikan. Sistem Informasi CRM (Customer Relationship Management) yang merupakan suatu sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas pra pelayanan dan pasca pelayanan dalam sebuah organisasi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan tujuan sebagai solusi pelayanannya yang didukung oleh teknologi informasi untuk dapat memberikan berbagai kemudahan dan peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat mulai dari sample request, customer trial, customer complaint, customer grouping sampai customer satisfaction. Hasil penelitian menghasilkan kepuasaan masyarakat melalui pelayanan online edukcapil yang disedikan disdukcapil kabupaten karawang diperlukan pengembangan sistem yang lebih baik Kata Kunci: Perkembangan Teknologi Informasi, Pelayanan Publik, Pelayanan Online, Kependudukan, Kepuasan Masyarakat.

Copyrights © 2024