INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Vol 7 No 5 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science

Pengembangan Chatbot Menggunakan Framework Rasa Dalam Optimalisasi Pelayanan Di Kecamatan Semarang Tengah

Setyono, Setyono (Unknown)
Wibisono, Setyawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan chatbot menggunakan framework RASA dalam optimalisasi pelayanan di Kecamatan Semarang Tengah. Chatbot dirancang untuk memfasilitasi interaksi antara masyarakat dan layanan publik dengan lebih efisien melalui aplikasi yang intuitif. Metode pengembangan meliputi analisis kebutuhan, desain sistem berbasis arsitektur mikro, dan penggunaan teknologi terkini dalam pemrograman chatbot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi chatbot berhasil meningkatkan efisiensi pelayanan dengan mempercepat respon terhadap pertanyaan masyarakat mengenai layanan kecamatan. Admin dapat dengan mudah mengelola konten chatbot melalui antarmuka pengelolaan yang user-friendly, termasuk pengaturan dan pembaruan respons chatbot sesuai kebutuhan. Proses pelatihan model chatbot secara berkala menjadi strategi penting dalam memastikan chatbot mampu menyesuaikan diri dengan perubahan informasi dan kebijakan, sehingga memberikan respons yang akurat dan relevan. Dengan demikian, pelayanan publik di Kecamatan Semarang Tengah dapat ditingkatkan melalui integrasi teknologi chatbot yang efektif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Copyrights © 2024