INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science
Vol 7 No 5 (2024): INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science

Game Edukasi Select Trash Berbasis Android Untuk Anak Sekolah Dasar Kelas 2

Waluyo, Amru Sangga (Unknown)
Sugiyanto, Sigit (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2024

Abstract

Di Indonesia, isu lingkungan menjadi prioritas utama, khususnya pengelolaan sampah. Sangat penting untuk memulai edukasi sejak dini guna menciptakan pemahaman tentang pengelolaan sampah yang tepat. Karena media interaktif tidak digunakan dalam kurikulum pengelolaan sampah di MI P2A MERI, siswa tidak diajarkan nilai pemilahan berbagai jenis sampah dan hanya mendapatkan ceramah dan pengalaman langsung. "SELECT TRASH" merupakan media pembelajaran berbasis permainan edukatif yang dibuat untuk mengatasi isu ini. Mengembangkan permainan edukatif interaktif untuk siswa sekolah dasar kelas dua merupakan tujuan dari penelitian ini. Setelah memainkan permainan "SELECT TRASH", siswa akan diminta untuk mengukur seberapa besar pemahaman mereka tentang nilai pemilahan sampah, dan permainan tersebut juga akan dievaluasi dampaknya terhadap cara mereka memilah sampah di rumah dan di lingkungan sekitar. Teknik Game Development Life Cycle (GDLC) diterapkan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa permainan edukatif untuk Android ini merupakan pendekatan kreatif untuk mengajar anak-anak dengan cara yang menarik dan dinamis.

Copyrights © 2024