Edu Global: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 4 No. 2 (2023): EDU GLOBAL: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS

Zulfikri (Unknown)
Fauzan El M, Faiz (Unknown)
Intan Wahyuni, Sri (Unknown)
Anijah Hasibuan, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena belum adanya media yang berbentuk digital sebagai sumber bahan ajar yang lain. Untuk Sumber bahan ajar yang digunakan guru hanya powerpoint dan buku ajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis Web pada mata pelajaran Qur’an Hadits yang telah teruji kelayakan oleh Ahli materi dan ahli media. Serta untuk mengetahui respon siswa terhadap multimedia interaktif berbasis Web pada mata pelajaran Qur’an Hadits. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, development, dan desseminate). Responden penelitian terdiri dari 3 orang ahli materi, 1 orang ahli media dan 90 siswa kelas VIII MTsS DMP Diniyyah Puteri Padang Panjang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk menjaring data kualitas materi, data kualitas media dan data respon siswa. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini, hasil validasi ahli materi secara keseluruhan termasuk kategori “Sangat Layak” dengan persentase skor sebesar 95 persen. Hasil validasi ahli media secara keseluruhan termasuk kategori “Sangat Layak” dengan persentase skor sebesar 88 persen. Hasil respon siswa terhadap media memperoleh skor sebesar 96 persen dengan kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, multimedia interaktif berbasis Web pada mata pelajaran Qur’an Hadits Materi mad Silah, mad Badal, mad Tamkin dan mad Farqi sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

eduglobal

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Edu Global merupakan wadah dalam kajian isu-isu pendidikan islam, yang meluputi kajian kurikulum atau subtansi di dalamnya seperti sejarah, Akidah, fiqh, tasawuf, dan falsafah. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, bulan Juni dan ...