Penelitian ini dilatar belakangi karena belum adanya media yang berbentuk digital sebagai sumber bahan ajar yang lain. Untuk Sumber bahan ajar yang digunakan guru hanya powerpoint dan buku ajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan multimedia interaktif berbasis Web pada mata pelajaran Qur’an Hadits yang telah teruji kelayakan oleh Ahli materi dan ahli media. Serta untuk mengetahui respon siswa terhadap multimedia interaktif berbasis Web pada mata pelajaran Qur’an Hadits. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, development, dan desseminate). Responden penelitian terdiri dari 3 orang ahli materi, 1 orang ahli media dan 90 siswa kelas VIII MTsS DMP Diniyyah Puteri Padang Panjang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk menjaring data kualitas materi, data kualitas media dan data respon siswa. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini, hasil validasi ahli materi secara keseluruhan termasuk kategori “Sangat Layak” dengan persentase skor sebesar 95 persen. Hasil validasi ahli media secara keseluruhan termasuk kategori “Sangat Layak” dengan persentase skor sebesar 88 persen. Hasil respon siswa terhadap media memperoleh skor sebesar 96 persen dengan kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, multimedia interaktif berbasis Web pada mata pelajaran Qur’an Hadits Materi mad Silah, mad Badal, mad Tamkin dan mad Farqi sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2023