Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe GI dengan bantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 4 Cakranegara Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Nonequivalent control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 4 Cakranegara Tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian adalah kelas IVA  sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data diawali dengan uji normalitas menggunakan rumus Kolmogorov Smirnov dengan taraf signifikansi 5% (0.05) didapatkan data sebesar 0,079 dan 0,200 untuk pretest dan posttets sebesar 0,054 dan 0,200 dapat dikatakan kedua data berdistribusi normal, dan dilanjutkan dengan uji homogenitas pada pretest sebesar 0,826 dan posttest sebesar 0,459 sehingga varian pretest dan posttest kedua sampel dikatakan homogen, selanjutnya data hasil belajar dianalisis dengan uji-t untuk mengetahui hipotesis penelitian. Hasil analisis data diperoleh thitung sebesar 3,788 sedangkan ttabel sebesar 2,019 pada taraf kepercayaan 5%. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model Kooperatif Tipe GI dengan bantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 4 Cakranegara Tahun Ajaran 2023/2024.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024