Journal of Classroom Action Research
Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024

Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Metode Newman dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematis Siswa

Dina, Yana Roza (Unknown)
Hayati, Laila (Unknown)
Tyaningsih, Ratna Yulis (Unknown)
Kurniati, Nani (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan penyebab terjadinya kesalahan dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan metode Newman ditinjau dari kemampuan matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi-1 SMKN 1 Mataram. Teknik pengumpulan data meliputi tes tulis dalam bentuk essay dan wawancara. Teknik analisis data kualitatif meliputi data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Siswa dengan kemampuan matematis tinggi melakukan kesalahan pada tahap encoding error 50%, comprehension error 40,48%. Siswa dengan kemampuan matematis sedang melakukan kesalahan pada tahap comprehension error 59,09%, encoding error 83,33%. Siswa kemampuan matematis rendah melakukan kesalahan pada tahap reading error 54,17%, comprehension error 76,04%, transformation error 47,91%, process skill error 58,33%, encoding error 88,54% . Penyebab siswa melakukan kesalahan pada reading error ialah kesalahan dalam menangkap informasi yang terdapat pada soal; comprehension error disebabkan siswa lupa menuliskan diketahui dan ditanyakan, tidak terbiasa menuliskan diketahui dan ditanyakan, salah dalam menjabarkan informasi yang terdapat pada soal; transformation error disebabkan siswa ingin cepat menyelesaikan soal yang diberikan; process skill error disebabkan siswa salah memahami informasi dalam tahap reading error; encoding error disebabkan siswa terburu-buru dalam mengerjakan soal sehingga tidak menuliskan kesimpulan, siswa melakukan kesalahan dalam proses perhitungan sehingga jawaban akhir salah, tidak menuliskan kesimpulan dari pertanyaan di soal dikarenakan siswa terburu-buru dalam mengerjakan soal dan tidak terbiasa menuliskan kesimpulan dalam mengerjakan soal. Diharapkan dapat memberikan informasi bagi guru tentang kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan  masalah matematika dalam bentuk soal cerita.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...