Journal of Classroom Action Research
Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024

Perbedaan Model Pembelajaran Berbasis Permainan dan Model Pembelajaran Instruksi Langsung Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Budaya dan Kewargaan Siswa SD

Yati, Fara Adi (Unknown)
Nisa, Khairun (Unknown)
Erfan, Muhammad (Unknown)
Affandi, Lalu Hamdian (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2024

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran berbasis permainan dan model pembelajaran instruksi langsung dalam meningkatkan kemampuan literasi budaya dan kewargaan siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan design tipe control group dengan menggunakan pre-test dan post-test. Teknik pengumpulan data kemampuan literasi budaya dan kewargaan dalam penelitian ini menggunakan tes berupa soal pilihan ganda  yang dikembangkan sesuai indikator literasi budaya dan kewargaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan Kolmogorov-smirnov, uji homogenitas menggunakan uji F untuk menguji homogenitas dua sampel kemudian uji hipotesis berupa uji independent sampel t-test. Hasil analisis data menggunakan uji independent sampel t-test memperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0.001 ≤ 0,05, jika nilai signifikansi (P≤0,05) maka data memiliki perbedaan yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil uji menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran berbasis permainan dan kelas yang menggunakan model pembelajaran instruksi langsung. Hasil uji hipotesis tersebut menunjukkan HO ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan antara model pembelajaran berbasis permainan dan model pembelajaran instruksi langsung dalam meningkatkan kemampuan literasi budaya dan kewargaan peserta didik kelas V SDN 5 Mataram tahun pelajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...