Journal of Gurutta Education
Vol. 3 No. 2 (2024): Journal of Gurutta Education (JGE)

Penguatan Materi Pendidikan Agama Islam di Era Digital: Tantangan dan Peluang

Johariyah, St (Unknown)
Samsuddin, Samsuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Era digital telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tantangan dan peluang dalam penguatan materi Pendidikan Agama Islam (PAI) di era digital. Menggunakan metode penelitian pustaka, studi ini menganalisis literatur terkini dari berbagai sumber akademik dan profesional. Hasil penelitian mengidentifikasi empat tema utama: (1) Transformasi Konten dan Penyajian Materi PAI, (2) Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran PAI, (3) Pengembangan Kompetensi Digital Guru PAI, dan (4) Tantangan dan Strategi Mitigasi Risiko. Temuan menunjukkan adanya kebutuhan untuk merekonstruksi materi PAI agar lebih relevan dengan konteks digital, sambil mempertahankan nilai-nilai fundamental Islam. Integrasi teknologi seperti aplikasi mobile dan realitas virtual menunjukkan potensi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Namun, isu-isu seperti trivialisasi ibadah dan penyebaran informasi yang menyesatkan memerlukan perhatian khusus. Pengembangan kompetensi digital guru PAI dan implementasi sistem verifikasi konten digital diidentifikasi sebagai strategi kunci. Studi ini menyimpulkan bahwa penguatan materi PAI di era digital memerlukan pendekatan holistik yang melibatkan transformasi konten, inovasi pedagogis, peningkatan kompetensi guru, dan manajemen risiko yang cermat

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jge

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Other

Description

Gurutta of Education: Journal of Islamic Religious Education Studies and Islamic Education Issues (e-ISSN: 2829-6737) It is published twice a year in June and December. The Journal of Islamic Religious Education is published by the Masters Study Program of Islamic Religious Education Postgraduate ...