Era digital telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tantangan dan peluang dalam penguatan materi Pendidikan Agama Islam (PAI) di era digital. Menggunakan metode penelitian pustaka, studi ini menganalisis literatur terkini dari berbagai sumber akademik dan profesional. Hasil penelitian mengidentifikasi empat tema utama: (1) Transformasi Konten dan Penyajian Materi PAI, (2) Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran PAI, (3) Pengembangan Kompetensi Digital Guru PAI, dan (4) Tantangan dan Strategi Mitigasi Risiko. Temuan menunjukkan adanya kebutuhan untuk merekonstruksi materi PAI agar lebih relevan dengan konteks digital, sambil mempertahankan nilai-nilai fundamental Islam. Integrasi teknologi seperti aplikasi mobile dan realitas virtual menunjukkan potensi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Namun, isu-isu seperti trivialisasi ibadah dan penyebaran informasi yang menyesatkan memerlukan perhatian khusus. Pengembangan kompetensi digital guru PAI dan implementasi sistem verifikasi konten digital diidentifikasi sebagai strategi kunci. Studi ini menyimpulkan bahwa penguatan materi PAI di era digital memerlukan pendekatan holistik yang melibatkan transformasi konten, inovasi pedagogis, peningkatan kompetensi guru, dan manajemen risiko yang cermat
Copyrights © 2024