Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 10 No 1 (2024): Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Student Wokrsheet berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis

Kohar, Abdul (Unknown)
Pargito, Pargito (Unknown)
Rohman, Fatkhur (Unknown)
Nurhanurawati, Nurhanurawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Berpikir kritis menjadi titik tolak keberhasilan analisis masalah. Keberhasilan tersebut merupakan wujud konkret dari konsep pengetahuan yang bias. Penelitian ini bertujuan mengembangkan student worksheet berbasis realistic mathematics education (RME) yang valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian adalah research and development Borg and Gall yang terintegrasi model analysis, design, development, implementation, dan evaluation yang disederhanakan menjadi 3 tahapan, yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk dan pengujian produk. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Insan Mandiri Bandar Lampung. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa 5 soal uraian pretest-posstest dengan materi bangun ruang. Teknik analisis data menggunakan uji Effect Size dengan nilai Cohen’s d. Hasil penelitian pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan nilai Cohen’s d sebesar 0.63 dengan intepretasi sedang. Penelitian ini menunjukkan bahwa student worksheet berbasis realistic mathematics education (RME) valid dan efektif untuk meningkatkan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar sehingga memberikan peluang penggunaan student worksheet berbasis realistic mathematics education pada subjek penelitian yang berbeda. Kata Kunci: Berpikir Kritis; Student Worksheet

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

ournal published by the department of Madrasah Ibtidaiyah (Elementary School) Teacher Education, Faculty of Tarbiya and Teachers Training, State Islamic Institute Metro, Lampung. This is a biannually published journal. It is dedicated for experts, lecturers, teachers, practitioners and researchers ...