JUARA: JURNAL WAHANA ABDIMAS SEJAHTERA
Volume 5, Nomor 2, Juli 2024

PENYULUHAN, PELATIHAN, DAN PEMBERIAN BUKU SAKU MENJAGAKESEHATAN GIGI DAN MULUT UNTUK LANSIA DI PANTI SOSIAL JAKARTA BARAT

Panjaitan, Caesary Cloudya (Unknown)
Eddy (Unknown)
Lestari, Sri (Unknown)
Falatehan, Niko (Unknown)
Dwimega, Arianne (Unknown)
Endriyana, Jessica (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 didapatkan hanya 2,9% kelompok lanjut usia (lansia) yang menyikat gigi dengan baik dan benar. Jika tidak dilakukan perawatan, gigi akan rusak dan harus dicabut. Hal inilah yang menyebakan kelompok masyarakat lansia banyak yang mengalami kehilangan gigi dan membiarkan tanpa diganti dengan gigi tiruan. Tujuan PkM adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut pada lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 2 Jelambar Jakarta Barat. Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini dilakukan dengan metode pendidikan dan pelatihan dengan mitra PkM 31 lansia dan petugas Panti Sosial. Evaluasi dilakukan dengan melakukan pre-post test berisikan 12 pertanyaan pengetahuan mengenai pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut. Di akhir kegiatan dilakukan pemberian buku saku menarik yang dapat digunakan oleh peserta dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hasil kegiatan didapatkan peningkatan pengetahuan danketerampilan peserta sebesar 16,67% dengan nilai rata-rata pre-test 50% menjadi 66,67% pada post-test. Kesimpulan dari kegiatan PkM ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta. Antusias peserta sangat baik, terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan selama kegiatan berlangsung. Kegiatan PkM ini dapat dilakukan secara berkelanjutan sehingga para peserta dapat memiliki perilaku yang benar dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

juara

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Environmental Science Social Sciences

Description

Berbagai permasalahan yang terkait dengan layanan masyarakat perlu ditangani dan dikelola dengan baik. Di lain pihak pengembangan dan penerapan ipteks, model, konsep, hasil penelitian dan pemikiran perlu diimplementasikan untuk meningkatkan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat serta mitra dalam ...