Indonesian Journal of Management Science
Vol. 2 No. 1: Juni 2023

Pengaruh Customer Relationship Management dan Realtionship Marketing Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

Sriyana, Sriyana (Unknown)
Widiana, Muslichah Erma (Unknown)
Balatif, Mamak (Unknown)
Haryono, Haryono (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2023

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh customer relationship management, relationship marketing terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan serta apakah ada pengaruh kepuasaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan produk PT AIM Bisuit di wilayah Pemasaran Jawa Timur. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan metode deskriptif. Sampel sebanyak 346. Data hasil penelitian diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode analisis path (analisis jalur). Hasil penelitian ini bahwa terdapat pengaruh signifikan Customer relationship management (X1) terhadap kepuasan pelanggan dan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan Relationship marketing berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan Kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijms

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

The focus and scopes of the articles in Indonesian Journal of Management Science: Financial Management Risk Management Marketing Management Human Resources Management Strategic Management Production Management International Business International Economic Natural Resources and Enviromental Economic ...