cover
Contact Name
Juliani Pudjowati
Contact Email
juliani@ubhara.ac.id
Phone
+6285733568419
Journal Mail Official
ijms@febubhara-sby.org
Editorial Address
Jl. Ahmad Yani No.114, Ketintang, Kec. Gayungan, Surabaya, Provinsi Jawa Timur, 60231
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Indonesian Journal of Management Science
ISSN : -     EISSN : 28285107     DOI : https://doi.org/10.46821/ijms
Core Subject : Economy, Social,
The focus and scopes of the articles in Indonesian Journal of Management Science: Financial Management Risk Management Marketing Management Human Resources Management Strategic Management Production Management International Business International Economic Natural Resources and Enviromental Economic Rural Extention Entrepreneurship
Articles 74 Documents
Pengaruh Perubahan Lingkungan Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Disiplin dan Kinerja Pegawai Muslichah Erma Widiana; Haryono Haryono; Mahmudah Enny Widyaningrum; Ahmad Fauzi Bantara
Indonesian Journal of Management Science Vol 1, No 2: Desember 2022
Publisher : Program Magister Manajemen Universitas Bhayangkara Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (339.729 KB) | DOI: 10.46821/ijms.v1i2.304

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh perubahan lingkungan dan budaya organisasi terhadap disiplin kerja dan kinerja pegawai pada BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan data primer. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah pegawai dengan jabatan fungsional pemeriksa pada kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur yang berjumlah 156 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan metode Slovin sehingga diperoleh jumlah responden sebanyak 112 orang. Penelitian ini dianalisis dengan Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya adanya pengaruh yang signifikan atas lingkungan kerja dan budaya organisasi terhadap disiplin kerja baik secara simultan maupun parsial serta adanya pengaruh yang signifikan atas lingkungan kerja, budaya organisasi, dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai baik secara simultan maupun parsial. Selain itu diketahui bahwa budaya organisasi merupakan faktor dominan yang mempengaruhi disiplin kerja sedangkan lingkungan kerja merupakan faktor dominan yang mempengaruhi kinerja pegawai.
Pengaruh Pelatihan, Kepemimpinan Transformasional, dan Budaya Organisasi terhadap Kompetensi dan Kinerja Pegawai di PT. Bank Jatim Gresik pada Masa Pandemi Covid-19 Muhammad Fahrul Sandy; Juliani Pudjowati; Susi Tri Wahyuni; Nova Retnowati
Indonesian Journal of Management Science Vol 1, No 1: Juni 2022
Publisher : Program Magister Manajemen Universitas Bhayangkara Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.62 KB) | DOI: 10.46821/ijms.v1i1.294

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Pelatihan, Kepemimpinan Transformasional, dan Budaya Organisasi terhadap Kompetensi dan Kinerja Pegawai, serta pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Pegawai di PT. Bank Jatim Gresik pada Masa Pandemi Covid-19. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 60 sampel yaitu 60 pegawai PT. Bank Jatim Gresik. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur dengan software SPSS (Statistical Package for Social Science) versi 22. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) Pelatihan berpengaruh signifikan terhadap Kompetensi Pegawai, (2) Kepemimpinan Transformasional berpengaruh signifikan terhadap Kompetensi Pegawai, (3) Budaya Organisasi berpengaruh signifikan terhadap Kompetensi Pegawai, (4) Pelatihan berpengaruh tidak signifikan terhadap Kinerja Pegawai, (5) Kepemimpinan Transformasional berpengaruh tidak signifikan terhadap Kinerja Pegawai, (6) Budaya Organisasi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai, dan (7) Kompetensi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai di PT. Bank Jatim Gresik pada Masa Pandemi Covid-19.
Pengaruh Faktor-faktor Bauran Promosi Online terhadap Kepuasan Pengguna dan Keputusan Penggunaan Kembali Aplikasi Grabfood (Studi Kasus pada Pengguna Grabfood Kota Gresik) Rizal Fitrian; Mamak Balafif; Musriha Musriha; Nova Retnowati
Indonesian Journal of Management Science Vol 1, No 1: Juni 2022
Publisher : Program Magister Manajemen Universitas Bhayangkara Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.523 KB) | DOI: 10.46821/ijms.v1i1.309

Abstract

Layanan pesan antar makanan secara online semakin diminati, dikarenakan konsumen tidak perlu repot lagi untuk mendatangi lokasi dan mengantri. Sehingga mereka hanya tinggal menunggu di rumah atau di tempat tujuan pesanan tersebut diantarkan. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pesan antar makanan yaitu Grab Food. Menerapkan strategi pemasaran yang tepat dengan tujuan untuk meningkatkan kepuasan dan keputusan pembelian, salah satunya yaitu melakukan bauran promosi. Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh faktor-faktor bauran promosi terhadap kepuasan pengguna dan keputusan penggunaan kembali aplikasi Grab Food di Kota Gresik. Penelitian ini bersifat deskriptif dan kausalitas dengan 270 responden sebagai objek penelitian. Responden adalah masyarakat kota Gresik yang pernah menggunakan layanan grabfood. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian memperoleh simpulan bahwa faktor-faktor bauran promosi yang terdiri dari advertising, sales promotion, public relation, personal selling dan direct marketing berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengguna dan keputusan penggunaan kembali aplikasi grabfood di kota Gresik.
Determinan Pengajuan Kredit untuk Meningkatkan Nasabah Bank Jatim pada Aplikasi J Connect E-KMG Musriha Musriha; Juliani Pudjowati; Mochamad Balafif; Rokhmad Fadhlul Wafi
Indonesian Journal of Management Science Vol 1, No 2: Desember 2022
Publisher : Program Magister Manajemen Universitas Bhayangkara Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.298 KB) | DOI: 10.46821/ijms.v1i2.300

Abstract

Tujuan pemberian kredit bagi bank adalah untuk mendapatkan keuntungan yang optimal serta menjaga keamanan atas dana yang dipercayakan nasabah penyimpan dana di bank. Bank dapat memanfaatkan dana dari pihak ketiga ini untuk ditempatkan pada pos-pos yang menghasilkan pendapatan bagi bank, salah satunya yaitu dalam bentuk kredit. Selain dipengaruhi oleh DPK, kredit bank juga dipengaruhi oleh factor ekonomi makro. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perolehan kredit. Kesimpulan yang didapatkan adalah (1) ada pengaruh positif signifikan antara DPK terhadap Pengajuan Kredit artinya semakin tinggi nilai Dana Pihak Ketiga maka Pengajuan Kredit pun akan semakin tinggi atau meningkat. Begitupun sebaliknya semakin rendah nilai Dana Pihak Ketiga maka Pengajuan Kredit akan semakin menurun. (2) Tidak ada pengaruh signifikan antara Inflasi terhadap Pengajuan Kredit. (3) Ada pengaruh negatif (berlawanan arah) signifikan antara BI Rate terhadap Pengajuan Kredit artinya semakin tinggi nilai BI Rate maka Pengajuan Kredit akan semakin rendah atau menurun. Sebaliknya, semakin rendah nilai BI Rate maka Pengajuan Kredit akan semakin tinggi atau meningkat. (4) Tidak ada pengaruh signifikan antara Nilai Tukar terhadap Pengajuan Kredit.
Peran Kepemimpinan, Komitmen Kerja dan Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan Bank BNI Kantor Cabang Tanjung Perak Surabaya Gedia Imanuelitha; Siti Rosyafah; Juliani Pudjowati; Susi Tri Wahyuni; Endang Siswati
Indonesian Journal of Management Science Vol 1, No 2: Desember 2022
Publisher : Program Magister Manajemen Universitas Bhayangkara Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.717 KB) | DOI: 10.46821/ijms.v1i2.305

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis beberapa faktor internal perusahaan yang sekiranya dapat memengaruhi kinerja perusahaan dan penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi perusahaan dalam menentukan kebijakan baik itu jangka, pendek, menengah maupun panjang. Kepempimpinan, Kompetensi dan Komitmen merupakan tiga hal yang hendak dianalisis oleh peneliti terkait pengaruhnya terhadap kinerja pegawai. Kinerja pegawai yang baik tentu akan membuat kinerja perusahaan yang baik pula. Kepemimpinan dan Kompetensi diduga akan memengaruhi kinerja baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui Komitmen (dalam hal ini Komitmen menjadi variabel Intervening), dan penelitian akan menggunakan pengolahan data dengan metode Path Analysis dengan aplikasi SPSS. Dugaan ini bukan tanpa alasan sebab didukung dengan adanya penelitian terdahulu, teori teori dan pendapat para ahli mengenai adanya pengaruh faktor faktor tersebut terhadap kinerja.
Pengaruh Kepemimpinan Otoriter, Kedisiplinan, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja dan Loyalitas Guru di SMK Senopati Sedati Sidoarjo Juliani Pudjowati; Susi Tri Wahyuni; Nunuk Pujiastuti; Ammar Wicaksono
Indonesian Journal of Management Science Vol 1, No 2: Desember 2022
Publisher : Program Magister Manajemen Universitas Bhayangkara Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (379.509 KB) | DOI: 10.46821/ijms.v1i2.296

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis: (1) pengaruh Kepemimpinan Otoriter, Kedisplinan, Lingkungan Kerja terhadap Kinerja; (2) pengaruh Kepemimpinan Otoriter, Kedisiplinan, dan Lingkungan Kerja terhadap Loyalitas Guru; (3) pengaruh Kinerja terhadap Loyalitas Guru di SMK Senopati Sedati Sidoarjo. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 55 sampel yaitu guru di SMK Senopati Sedati Sidoarjo.Sampling menggunakan teknik sampel secara total sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara keseluruhan dari jumlah populasi.Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan software SPSS (Statistical Package for Social Science).Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Kepemimpinan otoriter berpengaruh signifikan terhadap kinerja; (2) Kedisiplinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja; (3) Lingkungan Kerja berpengaruh terhadap kinerja; (4) Kepemimpinan otoriter berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Guru; (5) Kedisiplinan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Guru; (6) Lingkungan Kerja berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Guru; dan (7) Kinerja berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Guru di SMK Senopati Sedati Sidoarjo.
Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Informasi Model Seven Pillars Sconul terhadap Pemustaka Melalui Pelayanan Bimbingan Literasi Informasi Pemustaka Isna Fistianti; Juliani Pudjowati; Masadah Masadah; Nova Retnowati
Indonesian Journal of Management Science Vol 1, No 1: Juni 2022
Publisher : Program Magister Manajemen Universitas Bhayangkara Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.779 KB) | DOI: 10.46821/ijms.v1i1.310

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan literasi informasi pemustaka, bagaimana analisa gap harapan dan kenyataan kemampuan literasi informasi Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya, bagaimana upaya perbaikan kemampuan literasi informasi model Seven Pillars SCONUL berdasarkan analisa gap atau analisa kesenjangan yang kemudian digambarkan dalam diagram Spider Plot. Selanjutnya akan rekomendasi perbaikan terhadap layanan pelatihan literasi informasi berdasarkan harapan pemustaka melalui diagram Spider Plot. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, teknik yang digunakan adalah menganalisis data dari 7(tujuh) variabel Seven Pillars SCONUL, yaitu Indentify, Scope, Plan, Gather, Evaluate, Manage, dan Present. Instrument yang digunkaan adalah kuesioner yang telah disebarkan kepada 52 responden. Hasil dari penyebaran kuesioner tersebut akan ditabulasi, kemudian dicari gap dan letak masing-masing variabel di dalam diagram kartesisus, setelah dilakukan analisis maka akan dicari strategi yang digunakan untuk memperbaiki kemampuan litrasi informasi dengan cara memberikan layanan bimpingan literasi informasi kepada pemustaka.
Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi, Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan Laksmi Islamic Wedding Service Surabaya Dera Fauzia Fitriana; Muslichah Erma Widiana; Nova Retnowati
Indonesian Journal of Management Science Vol 1, No 2: Desember 2022
Publisher : Program Magister Manajemen Universitas Bhayangkara Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.577 KB) | DOI: 10.46821/ijms.v1i2.301

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menguji dan menganalisa pengaruh budaya organisasi, motivasi dan gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja untuk meningkatkan kinerja karyawan pada Laksmi Islamic Wedding Service Surabaya. Sampel dari studi ini berjumlah 50 responden yang terdiri atas karyawan Laksmi Islamic Wedding Service Surabaya. Teknik pengambilan sampel pada studi ini dilakukan dengan metode Stratified Proporsional Random Sampling. Model hubungan antar variabel yang diteliti menghasilkan budaya organisasi, motivasi dan gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap kepuasan kerja dan kinerja karyawan Laksmi Islamic Wedding Service Surabaya. Berdasarkan temuan pada penelitian ini, dapat digunakan sebagai pengambilan kebijakan keputusan dan program peningkatan kepuasan kerja serta kinerja karyawan, secara khusus bisa bermanfaat bagi manajemen sumber daya manusia Laksmi Islamic Wedding Service Surabaya atau kepuasan kerja dan kinerja pada suatu organisasi bidang jasa maupun bidang lainnya.
Pengaruh Organizational Citizenship Behavior, Motivasi Kerja dan Mutasi Kerja terhadap Komitmen dan Kinerja Pegawai pada Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Jawa Timur di Sidoarjo Mochammad Balatif; Muslichah Erma Widiana; Yulita Prihati Hartanti
Indonesian Journal of Management Science Vol 1, No 2: Desember 2022
Publisher : Program Magister Manajemen Universitas Bhayangkara Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (440.987 KB) | DOI: 10.46821/ijms.v1i2.297

Abstract

The purpose of this study is to prove the influence of Organizational Citizenship Behavior, work motivation and work mutations on the commitment and performance of employees at the East Java Provincial Representative Financial Audit Agency in Sidoarjo. The population in this study was 163 auditors. The sampling technique uses the Non Probability Sampling method with the Quota Purposive Sampling approach, so that the respondents used were 112 employees.This study used a data collection method, namely a questionnaire. The data analysis technique used is multiple linier regression analysis. The results of this study explained that Organizational Citizenship Behavior, work motivation and work mutation simultaneously affected employee commitment by 36.4% and employee performance by 25.6%.Initially, all variables have a significant positive effect on employee commitment and employee performance, except that work mutations have not been shown to have an effect on employee commitment. The work motivation factor was able to contribute the most to employee commitment by 30.6%, while work mutation was the dominant factor that was able to contribute to employee performance by 11.2%.
Pengaruh Motivasi, Pelatihan dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan pada PT. Graha Prima Indonesia di Sidoarjo Mochammad Nashir Khakim Asya’ Bani; Mahmudah Enny Widyaningrum; Siti Rosyafah; Haryono Haryono
Indonesian Journal of Management Science Vol 1, No 1: Juni 2022
Publisher : Program Magister Manajemen Universitas Bhayangkara Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.376 KB) | DOI: 10.46821/ijms.v1i1.311

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membuktikan dan menganalisis pengaruh motivasi, pelaatihan dan kompensasi terhadap kepuasan kerja; (2) membuktikan dan menganalisis pengaruh motivasi, pelaatihan dan kompensasi terhadap kinerja karyawan; dan (3) membuktikan dan menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan PT. Graha Prima Indonesia Sidoarjo. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 71 sampel yaitu 71 karyawan pada PT. Graha Prima Indonesia Sidoarjo. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan software SPSS (Statistical Package for Social Science) versi 22. Kesimpulan dari penelitian ini, yaitu sebagai berikut: (1) motivasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja; (2) pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja; (3) kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja; (4) motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan; (5) pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan; (6) kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Graha Prima Indonesia Sidoarjo.