Materi Operasi Bilangan Bulat merupakan salah satu materi yang paling penting di ajarkan di SMP, peserta didik harus dapat memahami tentang konsep-konsep operasi hitung bilangan bulat agar dapat mengoperasikan bilangan bulat dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada materi operasi bilangan bulat di kelas VII SMP. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Dari hasil yang diperoleh pada siklus I terdapat 6 peserta didik yang tuntas atau memenuhi KKM dengan presentase 46,15%, kemudian terjadi peningkatan pada asiklus II yaitu terdapat 10 peserta didik yang tuntas atau memenuhi KKM dengan persentase 76,92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam peneltian ini ada peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP pada materi operasi bilangan bulat yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick.
Copyrights © 2024