Buletin Abdi Masyarakat (BAM)
Vol 5, No 1 (2024): Edisi Agustus 2024

PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) MELALUI INOVASI PRODUK FROZEN FOOD

Wulandari Dyah Pitaloka (Unknown)
Nova Adi Prihantara (Unknown)
Diefa Maulana Shaif Irmawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Pelaksanaan pengabdian masyarakat yang berfokus pada inovasi produk UMKM bertujuan mengembangkan produk yang inovatif untuk meningkatkan daya saing, memperluas pasar, dan meningkatkan pendapatan. UMKM Kebab Syifa 88 adalah UMKM yang bergerak pada penjualan kebab yang berdiri pada tahun 2023 oleh ibu Nafisyah Latiningrun yang terletak di ex stasiun lama kota Rembang. Permasalahan yang dihadapi UMKM adalah (1) Persaingan yang ketat, banyaknya pesaing produk serupa, dan kurangnya inovasi (2) Belum mempunyai desain labelling kemasan     (3) Belum mempunyai kemasan yang menarik (4) Buku menu / pricelist belum tercantum produk frozenfood (5) Akses pasar yang terbatas (6) Belum adanya labelling yang jelas dan informatif terkait cara penyajian produk. Berdasarkan permasalahan UMKM tersebut, maka program pendampingan usaha selama KKU diantaranya: (1) Membuat inovasi produk kebab Frozen Food, (2) Pembuatan desain labelling kemasan, (3) Inovasi packaging produk, (4) Penambahan menu frozenfood, (5) Peningkatan pemasaran melalui platform GrabFood, dan (6) Membuat petunjuk penyajian dengan kode QR. Kata kunci: UMKM, Inovasi Produk, Frozen Food

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bam

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Buletin Abdi Masyarakat (BAM) merupakan terbitan berkala ilmiah setahun dua kali yang diterbitkan oleh Universitas YPPI Rembang. Penerbitan BAM bertujuan sebagai wadah bagi akademisi yang melakukan pengabdian masyarakat dan perlu media untuk mewujudkannya dalam bentu kajian ilmiah. Artikel ...