Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk e-modul berbasis android dengan bantuan kodular serta untuk mengetahui kelayakan dari e-modul tersebut dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian ini adalah 23 siswa kelas VIII B SMP Negeri 15 Kota Serang. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil uji validasi ahli materi memperoleh presentase sebesar 79,16% dengan kategori layak dan untuk uji validasi ahli media memperoleh presentase sebesar 78,33% dengan kategori layak. Hasil uji kepraktisan guru memperoleh presentase sebesar 77,08% dengan kategori praktis, dan untuk hasil uji respon siswa memperoleh presentase sebesar 79,95% dengan kategori baik. Keefektifan e-modul berdasarkan skor n-gain diperoleh skor sebesar 0.4 dengan interpretasi peningkatan pada kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis android menggunakan kodular untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dinyatakan layak, praktis dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran matematika.
Copyrights © 2024