Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 15 No. 1 (2024): January 2024

Kodular : E-Modul Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP

Rahmawati, Cantika (Unknown)
Anriani, Nurul (Unknown)
Khaerunnisa, Etika (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk e-modul berbasis android dengan bantuan kodular serta untuk mengetahui kelayakan dari e-modul tersebut dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek penelitian ini adalah 23 siswa kelas VIII B SMP Negeri 15 Kota Serang. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil uji validasi ahli materi memperoleh presentase sebesar 79,16% dengan kategori layak dan untuk uji validasi ahli media memperoleh presentase sebesar 78,33% dengan kategori layak. Hasil uji kepraktisan guru memperoleh presentase sebesar 77,08% dengan kategori praktis, dan untuk hasil uji respon siswa memperoleh presentase sebesar 79,95% dengan kategori baik. Keefektifan e-modul berdasarkan skor n-gain diperoleh skor sebesar 0.4 dengan interpretasi peningkatan pada kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis android menggunakan kodular untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dinyatakan layak, praktis dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika publishes research articles on mathematics education, including mathematical learning models, mathematics learning strategies, Mathematics learning Media, ICT Learning Mathematics, Ethnomathematics, mathematics literacy, Higher Order Thinking Skill Mathematics, ...