Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul berbasis android menggunakan kodular dan mengetahui kelayakan media pembelajaran e-modul berbasis android berbantu kodular untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE yang terdari dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 15 Kota Serang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument angket, wawancara, dan tes. Angket digunakan untuk mengetahui kevalidan dan kepratisan produk, wawancara digunakanĀ  untuk mengetahui kebutuhan dilapangan, dan tesĀ  digunakan untuk mengetahui keefektifan produk. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil dari uji validasi oleh ahli media mendapatkan persentase sebesar 73,3%, yang termasuk dalam kategori valid dan hasil dari uji validasi oleh ahli materi mendapatkan persentase sebesar 68%, yang termasuk dalam kategori valid. hasil uji kepraktisan respon siswa diperoleh rata-rata persentase nilainya 77,3%, yang termasuk dalam kategori baik. Hasil uji kepraktisan guru secara keseluruhan rata-rata persentase nilainya 83,3%, yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 0,3 yang termasuk dlam kategori sedang, hal ini menunjukkan bahwa produk dinilai efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024