Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah systematic literature review dengan memanfaatkan protokol PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analyses) dalam proses penentuan data yang sesuai. Hasil penelitian diperoleh kajian literatur 20 artikel yang diakses melalui Google Scholar dengan bantuan aplikasi Publish or Perish. Dari hasil penelitian, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan media pembelajaran Augmented Reality (AR) merupakan upaya yang paling banyak dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika. Selain PBL dan AR, terdapat beberapa upaya lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar, antara lain dengan menerapkan metode Discovery Learning, Make A Match, Realistic Mathematic Education, PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan), Teams Games Tournament, Matematika Realistik, Project Based Learning, Gamifikasi, dan E-Learning dalam pembelajaran matematika.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024