Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model discovery learning terhadap hasil belajar PKn IV pada topik pola hidup bergotong-royong di sekolah dasar MIS AL-Fitrah Oesapa Kota Kupang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pra-ekperimen, dimana hanya menggunakan 1 kelas dalam penelitian. Rancangan penelitian menggunakan one group pretest dan posttest. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS AL-Fitrah Oesapa yang berjumlah 20 siswa, menggunakan nonprobability sampling sampling jenuh sebagai teknik penarikan sampel dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yakni tes hasil belajar yang menggunakan soal pilihan ganda sebanyak 25 soal pafa materi pola hidup gotong royong. Hasil penelitian rata-rata untuk kelas pretest adalah 62,00, dan kelas posttest dengan rata-rata 72,50. Dengan berdasarkan hasil uji analisis statistik diperoleh bahwa kedua data berdistribusi normal dan homogen, sehingga pengujian hipotesisi dapat dilakukan dengan menggunakan uji independen sampel t-test. Hasil perhitungan uji-t pretest-posttest pada taraf signifikansi 0.05 dengan df 38 di peroleh nilai sig. 0.000< 0.05 sehingga dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1 di terima. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya efektivitas model discovery learning terhadap hasil belajar PKn IV pada topik pola hidup bergotong-royong di sekolah dasar MIS AL-Fitrah Oesapa Kota Kupang.
Copyrights © 2024