Nanggroe: Journal Of Scholarly Service
Vol 3, No 6 (2024): September

Transformasi Pembelajaran Abad 21: Efektivitas Pelatihan LMS dalam Meningkatkan Kompetensi Digital Guru SMA

Asmiyunda, Asmiyunda (Unknown)
Sanova, Aulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2024

Abstract

Pelatihan mengenai Learning Management System (LMS) seperti Moodle, Google Classroom, dan Google Site bagi guru Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Kerinci bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam pengelolaan kelas secara digital sebagai upaya implementasi pembelajaran abad 21. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu penyampaian materi, praktik langsung, dan workshop. Melalui pelatihan, peserta diperkenalkan dengan konsep dasar LMS serta praktik implementasi masing-masing platform dalam konteks pembelajaran. Instrumen penilaian yang digunakan yaitu angket respon peserta pelatihan sebagai bentuk evaluasi untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan guru sebesar 75% dan peningkatan keterampilan sebesar 78% setelah mengikuti pelatihan. Hasil ini mengindikasikan bahwa pelatihan yang dilaksanakan efektif dalam membekali guru dengan keterampilan yang diperlukan untuk mengelola kelas secara digital. Dengan demikian, kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Kerinci.

Copyrights © 2024