Bertuah : Jurnal Syariah dan Ekonomi Islam
Vol. 5 No. 3 (2024): Bertuah: Jurnal Syariah dan Ekonomi Islam (Special Issue)

Strategi Pengembangan UMKM di Desa Tangkit Baru Muaro Jambi dalam Meningkatkan Daya Saing

Sari, Novita (Unknown)
Amir, Amri (Unknown)
Pratama, Aditya (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persaingan yang terjadi antara UMKM di Desa Tangkit Baru, strategi yang dapat diterapkan serta faktor yang menentukan tingkat daya saing para UMKM Desa Tangkit Baru. Data yang digunakan pada penelitian ini ialah data primer dan data sekunder. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif melalui pendekatan analisis SWOT. Hasil pembahasannya adalah persaingan yang terjadi antara UMKM satu sama lain di Desa Tangkit Baru cenderung secara sehat dimana memiliki inovasi dan kretivitas masing – masing, harga yang wajar dan bersaing, kualitas produk yang dihasilkan berkualitas baik, para pelaku UMKM di Desa Tangkit Baru juga saling menghargai nama baik masing-masing dan tidak saling menjatuhkan produk UMKM lain. Untuk strategi pemasaran yang dilakukan hampir sama mulai dari pemasaran di swalayan yang ada di Kota Jambi, di toko oleh – oleh Jambi, dan bumdes di Desa Tangkit Baru. Inovasi dari para UMKM antara lain Selai Nanas Goreng, Dodol Nanas, Bolu Nanas, Keripik Nanas, Coklat Nanas, Pangsit Nanas, Selai Molen Nanas. Para pemilik UMKM ini berusaha untuk menciptakan produk sebaik mungkin mulai dari pemilihan bahan baku yang premium, pengolahan yang baik, rasa yang konsisten di setiap pembuatannya, serta pelayanan yang baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Bertuah

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Bertuah is a journal that aimed at spreading the research results conducted by academicians, researchers, and practitioners in the field of Syariah and Economy. The journal is published periodically twice a year, i.e., every April (first edition) and October (second ...