Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, gaya belajar, dan kepercayaan diri terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. Objek penelitian ini yaitu 78 orang mahasiswa Angkatan 2018 dan 2019 yang telah lulus 10 mata kuliah PBMt pada Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan regresi linier berganda sebagai alat analisis. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Sedangkan analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) kecerdasan emosional berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi, (2) gaya belajar berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi, (3) kepercayaan diri berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Pemahaman akuntansi merupakan proses bagi mahasiswa untuk memahami, mempelajari dan menafsirkan kembali konsep dan teori pengetahuan akuntansi dengan baik. Kata kunci: kecerdasan emosional, gaya belajar, kepercayaan diri, tingkat pemahaman akuntansi
Copyrights © 2024