Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi
Vol. 8 No. 1 (2024): Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi

Pengaruh Kurikulum Merdeka dan Motivasi Belajar Terhadap Tanggung Jawab Siswa SMK Jurusan Akuntansi

Rambe, Paijan (Unknown)
Yulianti (Unknown)
Daulay, Henri Yanto (Unknown)
Wati, Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengkaji dan mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka dan motivasi belajar serta pengaruhnya terhadap tanggung jawab siswa di SMK Muhammadiyah 1 Pekanbaru dengan jumlah sampel 80 orang siswa. Metode pengambilan sampel menggunakan probabilitas sampling dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumen. Analisis data dilakukan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum merdeka berpengaruh terhadap tanggung jawab siswa. Dari analisis regresi yang dilakukan dengan uji t, diperoleh nilai ttabel sebesar 1,994 dengan taraf signifikansi 0,006. Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa adanya pengaruh motivasi belajar terhadap tanggung jawab siswa dengan nilai signifikansi lebih kecil 0,05. Dari hasil temuan mengenai kurikulum merdeka guru perlu menekankan pembiasaan dan tanggung jawab siswa, sehingga pelaksanaan kurikulum merdeka dapat dilaksanakan dengan baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi was first printed in Juni 2017 with register number ISSN 2580-2690 (Print), 2615-3025 (Online) and published bay study program education accounting FKIP University PGRI of Palembang. Journal of Neraca include the results of the qualitative ...