Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan eksplorasi matematis terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Klari tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian ini terdiri atas 34 siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Klari yang dipilih secara acak menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes kemampuan eksplorasi matematis dan instrumen tes kemampuan berpikir kritis matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana yang dibantu melalui Minitab Statistical Software 21. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pada tingkat kepercayaan 95% cukup bukti untuk menunjukkan adanya hubungan linear dan signifikan antara kemampuan eksplorasi matematis terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dengan besar pengaruh 16,49% dan sisanya 83,51% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Copyrights © 2024