Kemampuan berpikir kreatif masih rendah, terlihat dari kurangnya kemampuan peserta didik dalam menemukan solusi yang inovatif dan beragam. Salah satu kemampuan yang dapat menciptakan solusi inovatif adalah kemampuan elaborasi. Kemampuan elaborasi yaitu kemampuan menggabungkan beberapa konsep yang telah dipahami untuk menciptakan solusi baru yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan elaborasi terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematis pada materi kesebangunan dan kekongruenan di salah satu SMPIT di daerah Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode non-eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan pengisian instrumen tes berupa soal uraian. Instrumen yang digunakan terdiri dari dua paket soal yang memuat dua soal untuk mengukur kemampuan elaborasi dan tiga soal untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Temuan menunjukkan adanya pengaruh kemampuan elaborasi terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik sebesar 17% dengan interval kepercayaan 95%.
Copyrights © 2024