Jurnal Didactical Mathematics
Vol. 6 No. 2 (2024): Oktober 2024

Pengembangan LKPD Berbasis Kooperatif Peer Tutoring untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa

Sulistiawati, Sulistiawati (Unknown)
Puadi, Evan Farhan Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis kooperatif peer tutoring untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evalution). Penelitian ini dilakukan di MTsN 12 Kuningan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A di MTsN 12 Kuningan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa intrumen validasi ahli media, instrumen validasi ahli materi, instrumen tes dan angket respon peserta didik. Produk yang dikembangkan telah dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil yang diperoleh dari validasi ahli media yaitu 76,6% dengan kriteria sangat valid, ahli materi sebesar 92,6% dengan kriteria sangat valid danĀ  rata-rata skor N-Gain yang diperoleh siswa yaitu 0,59 atau 59% yang berarti terdapat peningkatan kemampuan numerasi setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran LKPD berbasis kooperatif peer tutoring. Berdasarkan kriteria yang diperoleh maka produk LKPD berbasis kooperatif peer tutoring untuk meningkatkan kemampuan numerasi yang dikembangkan sangat valid dan dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in ...